Boorlix.com – Tiga Gerbang Tol (GT) Palimanan di Kabupaten Cirebon, Jabar, resmi dioperasikan pada hari ini. Hal tersebut diberlakukan guna menunjang kelancaran lalu lintas sekaligus persiapan menyambut arus mudik lebaran Idul Fitri 2017 nanti.

Sebelumnya GT Palimanan telah memberlakukan satu gerbang. Namun, tiga gerbang lainnya dibuka secara permanen pada hari ini.

“Hari ini resmi dibuka karena banyaknya animo masyarakat dan masukan dari kita (kepolisian), akhirnya pihak tol merespon (membuka),” ucap Kasatlantas Polres Cirebon AKP Ahmat Troy Aprio, Selasa (2/5/2017).

Troy mengungkapkan, dengan dibukanya gerbang baru tersebut, masyarakat dari atau menuju Cirebon bisa memiliki alternatif selain melalui GT Plumbon dan GT Ciperna. “Ini sekaligus mengejar untuk persiapan arus mudik dan balik lebaran,” ujar Troy.

Ia berharap, setelah keberadaan tiga gerbang tersebut, antrean kendaraan terutama saat libur dan mudik nanti tidak terlalu berimbas kemacetan. Sebab, sambung Troy, selama dua tahun terakhir kepadatan kendaraan terus terjadi dan tak jarang menimbulkan kemacetan panjang.

“Saat ini ada dua anggota yang jaga secara bergantian. Selain sosialisasi dan gatur, anggota juga akan mencatat animo (jumlah) keluar masuk kendaraan perduabelas jam untuk nantinya kita evaluasi,” kata Troy

Tiga gate yang secara permanen dibuka hari ini ialah Tegalkarang (Palimanan) menuju Bandung atau Jakarta, Tegalkarang (Palimanan) menuju Jateng, dan Jateng menuju Tegalkarang (Palimanan).

“Sedangkan gate Bandung atau Jakarta menuju Tegalkarang (Palimanan) sudah sejak lama dibuka atau beroperasi. Jadi mulai hari ini ada empat gate yang beroperasi untuk keluar masuk kendaraan ke Cirebon via Tegalkarang,” tutur Troy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *