Boorlix.com – Para Khatib Imam nanti ketika sesudah sholat Idul Fitri diminta langsung oleh Kantor Kementrian Agama Gunungkidul untuk menyampaikan isi khotbah yang menentramkan. Karena sangat diharap pada moment lebaran untuk bisa mempererat tali silahturahmi dan jnuga persaudaraan antar sesama umat manusia.

Selain itu juga untuk memcahkan rasa kebencian yang timbul di dalam diri setiap manusia. “Para khatib sudah kami berikan pengarahan, agar memberikan khotbah yang menenteramkan dan menyejukkan umat,” kata Plt Kepala Kemenag Gunungkidul, Mukhotib, Rabu (21/6/2017).

Dengan demikian para khatib saat berkhotbah bukan malah memecah belah masyarakat dan menyampaikan ujaran kebencian kepada umat.

“Arahan yang kami sampaikan agar khotbah yang disampaikan tidak berisi ujaran kebencian,” paparnya.

Menurut Mukhotib kerukunan masyarakat dan kerukunan beragama di Gunungkidul sudah berjalan baik. Oleh sebab itu pihaknya tak ingin muncul pihak-pihak, yang berupaya memecah belah masyarakat melalui pandangan atau stigma intoleran.

“Seluruh masyarakat kami minta untuk tetap menjaga suasana seperti ini, agar (suasana Gunungkidul) tetap kondusif. Kami berharap lebaran tahun ini lancar, tanpa ada insinden yang mengganggu stabilitas dan keamanan,” pungkas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *