Boorlix.com – Kunjungan kerja yang dilakukan dan mengunjungi ke Terminal Giwangan, Kota Yogyakarta dan posko mudik di Prambanan Sleman bertujuan untuk menyidak persiapan hadapi musim mudik pada tahun ini.

Kunjungan yang dipimpin oleh Ketua Komisi Eko Suwanto bersama rombongan lain yakni Anggota DPRD Endang Setyani dan Nunung Ida Mundarsih, Kepala Satpol PP DIY, GBPH Yudhaningrat dan Kesbangpol Pemda DIY, Agung Supriyanto.

Di Terminal Penumpang di Giwangan Kota Yogyakarta rombongan mengunjungi pos polisi, pos perhubungan dan pos kesehatan. Di pos kesehatan, rombongan mengecek persediaan obat-obatan hingga pengecekan tekanan darah. Pos kesehatan tersebut tidak hanya untuk sopir dan kru angkutan umum namun juga untuk penumpang.

“Sopir dan kondektur bus agar memanfaatkan layanan kesehatan diterminal ini untuk menjaga stamina. Penumpang juga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut,” kata Eko Suwanto.

Seusai dari pos kesehatan rombongan didampingi Kepala UPT Terminal Giwangan menuju terminal pemberangkatan bus tujuan Jakarta dan Sumatera. Rombongan sempat naik dalam bus Putera Mulya tujuan Jakarta dan berdialog dengan sejumlah penumpang.
Perlengakapan kendaraan seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem, wiper, ban dan klakson juga diperiksa. Kaca bus bagian depan kemudian ditempel stiker bertuliskan ‘Layak Jalan’.

“Kedisiplinan merawat kendaraan ini penting agar keselamatan dijalan dapat diwujudkan. Saya mengajak pengusaha bus, karyawan dan penumpang agar mengedepankan aspek keselamatan dengan mentaati aturan berlalu lintas,” katanya.

Usai mengunjungi terminal, rombongan melanjutkan ke Posko Mudik Prambanan yakni Pos Polisi, Pos RAPI dan Pos ICJ (Info Cegatan Jogja).

Eko menambahkan satpol PP bisa melakukan patroli bersama Polri memantau keamanan dan ketertiban umum di wilayah DIY.
Masyarakat terutama pelajar mahasiswa yang meninggalkan kos atau rumahnya agar melapor ke RT atau RW setempat.

“Ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan lingkungan sekitar,” pungkas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *