Boorlix.com – Seorang pria pengangguran nekat meracik obat kuat demi bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-harinya. Pelaku tersebut meracik obat kuat yang tidak mempunyai ijin edar. Selain itu, pelaku mencampurkan bahan baku yang asal-asalan. Setelah barang siap untuk dikemas kemudian diberikan merek uang sudah beredar di pasaran dan laku keras untuk dibeli.

Polisi berhasil mengamankan barang bukti siap edar sebanyak satu mobil pick-up penuh. Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Jawa Tengah, mengamankan pelaku yang bernama M Nazarudin langsung dirumah pelaku yang berada di Dukuh Krajan RT 1 RW 1 Desa Jambu, Mlonggo, Jepara.

Jenis obat yang diproduksi adalah obat pelangsing wanita, obat perangsang wanita, dan obat vitalitas untuk pria.

Mereknya dibuat seolah dari luar negeri dengan label beraksara China, ditambah bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Gambar ilustrasi labelnya pun menggunakan foto vulgar yang diperoleh dari browsing internet.

Kasubdit I Industri Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Dit Reskrimsus Polda Jateng, AKBP Egy Andrian Suez, mengatakan penangkapan Nazar dilakukan Kamis (14/9) lalu di rumah tersangka sekaligus tempat produksi.

“Tersangka dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan obat-obatan jenis obat kuat yang diduga tidak memiliki izin edar dari Badan POM RI,” kata Egy di kantornya, Senin (18/9/2017).

Selain tak memiliki izin edar, Nazar juga meracik dengan bahan asal-asalan lalu diberi merek berbeda-beda. Dia dijerat Pasal 197 jo Pasal 106 ayat (1) Undang-undang RI nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman bui 15 tahun dan denda Rp 1,5 miliar.

“Kita juga lapis dengan Pasal 62 jo Pasal 8 ayat 1 huruf a Undang-undang Perlindungan Konsumen. Ini akibatnya ke kesehatan. Tersangka sementara baru satu ini, masih dikembangkan,” kata Egy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *