Boorlix.com – Sesosok mayat bayi ditemukan berada di semka-semak yang ada di Lapangan tembak Skip Dam IV Diponegoro, Desa Bandungrejo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (7/9/2017). Dugaan sementara umur bayi tersebut baru sekitar 35 minggu.

Dugaan sementara bayi yang berjenis kelamin perempuan tersebut memang sengaja dibuang oleh orang tuanya. Penemuan sesosok bayi tersebut sempat menggegerkan warga sekitar. Keadaan bayi ketika pertama kali ditemukan banyak terdapat luka-luka di sekujur tubuh bayi tersebut.

Kondisi bayi tersebut terlihat sangat mengenaskan.  Pada beberapa bagian tubuhnya sudah dalam keadaan tidak utuh, seperti pada bagian perut bayi terdapat luka sobekan. Bagian tubuh bayi yang hilang ditemukan tidak jauh dari lokasi penemuan mayat bayi.

Kapolsek Bayan, AKP Suryanto mengungkapkan, bayi dengan panjang 47 cm dan berat 2.000 gram itu pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang melintasi lapangan itu.

“Mayat bayi itu pertama ditemukan oleh warga setempat bernama Sukemi, saat itu dia sedang lewat sana di dekat lapangan,” ungkap Suryanto.

Mayat bayi berjenis kelamin perempuan itu, kata Suryanto ditemukan dalam keadaan dibungkus plastik. Menurut keterangan saksi sempat ada anjing yang mengendus-endus di lokasi penemuan bayi. Karena penasaran, Sukemi pun kemudian mendekat dan membuka bungkusan plastik tersebut dan ternyata isinya bayi yang sudah meninggal.

Mengetahui hal itu, Sukemi kemudian memanggil Eko Wiyanto yang sedang bermain burung merpati tidak jauh dari lokasi. Setelah yakin yang ditemukan adalah sesosok bayi, Eko Wiyanto kemudian melaporkan penemuan tersebut ke Mapolsek Bayan.

“Setelah ada laporan tersebut, kami dan tim medis Puskesmas Bayan langsung mengecek lokasi penemuan itu,” lanjutnya.

Setelah dievakuasi, selanjutnya jasad bayi malang tersebut dibawa ke RS dr Tjitrowardojo untuk dilakukan autopsi. Kasus penemuan bayi yang diperkirakan baru berumur 2 hari itu kini masih dalam penanganan petugas Polres Purworejo. Polisi juga masih melakukan penyelidikan untuk mencari pelaku yang sengaja membuang bayi tersebut.

“Hasil penyelidikan awal menyatakan umur bayi saat ditemukan sekitar 2 hari dan umur dalam kandungan sekitar 35 minggu, kasusnya sudah ditangani Polres Purworejo dan pelakunya masih dalam penyelidikan”, pungkas Suryanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *