Boorlix.com – Konser yang nantinya akan digelar di pelataran Candi Prambanan oleh kelompok musik yang beraliran keras Gream Theater mendapat protes dari berbagai kalangan. Namun dari pihak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menjamin konser yang akan digelar tersebut tidak berbahaya bagi warisan budaya abad 9 itu.

“Tidak (soal berbahaya bagi candi). Mudah-mudahan semua lancar tidak ada aral yang mengganggu,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy, Rabu (27/9/2017).

Pihaknya berharap konser yang bertemakan ‘JogjaROCKarta’ akan lancar digelar nantinya di akhir bulan september yakni pada tanggal 29 dan 30 September 2017 besok. Selain Dream Theater sebagai penampil utama dalam konser dua hari, ada pula band-band lokal yang akan ‘mengguncang’ dari pelataran Candi Prambanan.

Sebelumnya, Muhadjir telah berkoordinasi dengan Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid untuk memastikan bahwa konser ini aman bagi candi. Hilmar menjelaskan ke Muhajdir bahwa sudah ada pertemuan dengan tim ahli, kesimpulannya, getaran karena bunyi konser tidaklah terlalu besar.

“Sudah saya minta dipelajari Ditjen Kebudayaan,” kata Muhadjir pada 16 September lampau. Konser ini dipromotori oleh Rajawali Indonesia. Sebagaimana diberitakan, pihak penyelenggara mengaku sudah mengantongi izin dari Dirjen Kebudayaan Hilar Farid.

Rencana tempat konser sempat berubah-ubah. Awalnya konser memang direncanakan digelar di Candi Prambanan, Sleman. Namun penyelenggara mengubah tempat konsernya menjadi di Kridosono, Yogyakarta. Pada 12 September diumumkan di akun Instagram ‘jogjarockartafestival’, tempat konser bakal balik lagi ke tempat semula yakni di Candi Prambanan, Sleman.

“Demi promosi dan diplomasi budaya Indonesia di dunia Internasional, maka venue yang semula dari Stadion Kridosono kita pindah ke Candi Prambanan. Karena Candi Prambanan adalah hetitage warisan dunia,” kata Project Director JogjaROCKarta, Selasa (12/9) lalu.

Dari pihak Dream Theater sendiri sangat menyambut dengan antusias. Grup bergenre metal progresif asal Amerika Serikat itu sedang melakoni tur panjang ‘Image, Words, and Beyond’, menandai seperempat abad album monumental mereka yang bertajuk ‘Images and Words’. Dream Theater memberi pernyataan di akun Facebooknya, pada 27 September kemarin, mereka mengaku sudah tak sabar untuk tampil di pertunjukan dua hari, di panggung menakjubkan Candi Prambanan, kawasan bagian timur Kota Pelajar ini.

“We can’t wait to perform two shows at the incredible Prambanan temple in Yogyakarta, Indonesia later this week as part of the Jogjarockarta festival!” tulis Dream Theater di Facebook-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *