Boorlix.com – Buronan kasus penipuan investasi emas telah ditangkap oleh aparat Polresta Surakarta setelah dua setengah tahun menjadi salah satu orang yang dicari polisi. Tersangka diduga menggondol uang korbannya sampai ratusan miliar.

Tersangka penipuan ini bernama Yusak Sie Haryanto tertangkap oleh Polisi di kawasan Prambanan, Kabupaten Klaten, Senin (11/12) pukul 16.30 WIB.

“Pelaku kita tangkap berdasarkan bantuan dari Satlantas Polres Klaten dan dibackup Ditreskrimum Polda Jateng,” ungkap Kasatreskrim Polresta Surakarta, Kompol Agus Puryadi, di Mapolresta Surakarta, Selasa (12/12/2017).

Tersangka melakukan tindakan penipuan kepada korbannya dengan modus penawaran profit 10 hingga 20 persen perminggunya terhadap para investor. Tindakan penipuan ini berjalan mulai tahun 2013 hingga 2015 kemarin.

“Agar korban percaya, profit benar-benar diberikan sekali dua kali, setelah itu korban menambah investasi lalu menghilang dan induknya tidak dikembalikan,” ungkap Agus.

Haryanto menawarkan investasi bodong dalam bentuk emas tetapi emas yang ditawarkan oleh pelaku tidak akan ada. Kurang lebih terdapat 15 orang yang telah melayangkan laporan tindakan Haryanto. Tersangka diketahui menurut data merupakan seorang warga Jebres, Solo tetapi dia tidak menetap hidupnya sehingga penyidik mengalami kesulitan dalam pencariannya.

“Korban yang sudah melapor ke Polresta Surakarta ada 15 orang. Itu sudah mencapai ratusan miliar rupiah. Itu belum yang dari daerah lainnya. Saat ini jumlah korban dan total kerugian terus kami kembangkan. Barang bukti sementara ada kendaraan bermotor hasil aksi pelaku yang saat ini dia pakai,” ungkapnya.

“Kita kenakan pasal penipuan dan penggelapan. Lalu kita juncto-kan dengan pasal tindak pidana pencucian uang,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *