Boorlix.com – Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri kembali meringkus pemimpin redaksi atau pemred media abal-abal lantaran diduga menyebarkan kabar hoax. Kali ini, pemimpin redaksi yang diringkus yakni Hurry Rauf, admin salah satu situs di internet.

Kanit III Subdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri AKBP Irwansyah mengungkapkan Hurry Rauf diringkus mengenai dilaporkannya politikus  NasDem, Akbar Faizal. Hurry disangkakan menyebarkan berita hoax mengenai profil Akbar Faizal.

“Ada tiga akun yang dilaporkan. HR adalah admin sekaligus pemred dari portal berita Publiknews. Kita sudah koordinasi ke Dewan Pers, ternyata portal berita itu nggak terdaftar. Apa yang dia sampaikan bukan produk jurnalistik. Setelah kami koordinasi ke ahli, kemudian memenuhi unsur, baru kami lakukan upaya paksa penangkapan,” ungkap Irwansyah di Bareskrim Polri, Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (10/1/2018).

Irwansyah mengungkapkan Hurry mengutip sebuah tulisan di akun Twitter @plato.id, yang masih menjadi buronan. Tidak hanya itu, Hurry menambahkan sejumlah kalimat yang dikatakan mencemarkan nama baik dari Akbar Faizal.

“Ada empat pemberitaan yang dijadikan satu kemudian ditambahkan pemberitaan lainnya,” ungkap Irwansyah.

Dua mengungkapkan tersangka secara sengaja menyebarkan berita hoax lantaran tengah viral di media sosial. Hurry mempublikasikan berita hoax tersebut agar portal berita kepunyaannya banyak dikunjungi oleh netizen.

“Untuk sementara (tersangka mempublikasikan berita bohong) masih inisiatif sendiri. Hal lain masih didalami apakah ada pemberian uang atau yang lain,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *