Boorlix.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batanghari Jambi telah menjumpai 3 kemasan kaleng (Sarden) yang merupakan produk impor yang terdapat cacing tersebar di salah satu supermarket. Sarden bermerek Farmerjack ini ditemukan oleh petugas ketika melakukan operasi di kawasan Muaro Bulian, Kabupaten Batanghari, Jambi.

“Kalau untuk cacing yang kita temukan ini belum kita ketahui jenis apa, tetapi kita sudah berkoordinasi dengan pihak BPOM Jambi dalam penemuan ini,” ungkap Kepala Dinkes Batanghari Jambi, Elfi Yennie,  Jumat (23/3/2018).

Hasil temuan cacing tersebut bermula dari kecurigaan kaleng kemasan sarden impor yang terdapat di supermarket sehingga langsung diamankan oleh petugas.

“Setelah dibawa dan dibuka di kantor, ternyata kita temukan cacing yang berada di daging ikan sarden itu,” jelasnya.

Meskipun belum menerbitkan surat edaran dari Balai Pemeriksaan Obat Dan Makanan (BPOM) Jambi untuk menjalankan pemeriksaan, pihaknya harus segera melakukan pemeriksaan lanjutan pada produk-produk yang dicurigai di sejumlah supermarket.

“Dengan adanya temuan ini, nanti kita akan segera membuat surat edaran kepada seluruh minimarket dan toko sembako lainnya untuk tidak menjual sarden yang dilarang BPOM,” ungkap Elfie.

Elfie juga menghimbau supaya masyarakat lebih berhati-hati dalam membeli makanan yang ada dalam kemasan kaleng.

Sedangkan Kepala BPOM Jambi Ujang Supriatna mengungkapkan akan melaksanakan pengujian pada sample lebih dulu untuk mengidentifikasi jenis cacing yang ada pada kemasan kaleng Sarden Impor tersebut.

“Kita uji sample lagi, jenis apa cacing yang berada di dalam sarden yang diamankan petugas dinkes itu,” tutur Ujang.

Ujang mengatakan sekarang ini pihaknya masih akan melakukan operasi rutinan di beragam supermarket di daerah Jambi untuk melakukan pemeriksaan makanan yang berbahaya.

“Dari informasi yang kita ketahui tadi, hanya satu toko supermarket yang kedapatan menjual kemasan kaleng sarden berisikan cacing itu, dan nanti setelah ini, kita akan berupaya menarik semua jenis sarden yang berisikan cacing itu di berbagai toko maupun supermarket yang ada di Jambi,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *