Boorlix.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menegaskan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak kementrian dan pihak terkait untuk menangani para korban bencana alam gempa Lombok, Bali, dan Sumbawa.

“Saya memantau bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok, Bali, dan Sumbawa hari ini dan telah memerintahkan lembaga terkait baik di pusat maupun di daerah untuk terus berkoordinasi memberikan bantuan bagi para korban,” ungkap Puan Maharani di Jakarta, Minggu, 29 Juni 2018.

Puan Maharani mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan yang terkena dampak gempa Lombok supaya mengikuti instruksi dan petunjuk dari petugas di lapangan. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir dampak dari gempa susulan dan kemungkinan adanya korban.

“Petugas baik Basarnas dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah berada di lokasi terdampak gempa dan saya minta masyarakat agar mematuhi petunjuk dan arahan yang diberikan sehingga langkah mitigasi terhadap gempa susulan dapat dilakukan,” jelas Puan Maharani.

Bukan hanya itu, Menko Puan Maharani juga mengimbau warga supaya lebih berhati-hati dalam membagikan laporan mengenai bencana gempa yang terjadi di NTB hari ini. Dia berpesan masyarakat untuk tidak memberikan informasi yang tidak valid karena dapat menngganggu proses penanganan korban.

“Untuk memperoleh informasi, masyarakat dapat melihat di situs resmi BNPB maupun Basarnas yang secara berkala diperbaharui berdasarkan kondisi di lapangan dan jangan mempercayai bahkan menyebarkan informasi yang tidak benar sehingga dapat menyulitkan proses penanganan korban,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *